Mega Pixel, Pentingkah ?

Mega Pixel, Pentingkah ?

Dalam perkembangannya, teknologi kamera digital mengalami perkembangan yang amat pesat.
Dalam dunia imaging dan kamera digital, seringkali terlintas istilah PIXEL. Berapa megapixel (mp) kemampuan rekam kamera anda ? 3mp, 6mp, 10mp, 12 mp?
Mungkin dalam perbincangan sering kita mendengar ” Jangan beli kamera yang mp nya kecil, hasil gambarnya jelek. beli yang lebih besar, lebih bagus, lebih tajam “. Hm, benarkah demikian ?
Apa sebenarnya pixel itu? Saya tidak akan membahasnya terlalu detail, terlalu teknis dan memusingkan bagi kita. We are end user, not developer scientist right ? All we have to do is enjoying the product they’ve created.
Singkatnya, pixel itu = titik. Ya, titik. Meski bila dicermati bentuknya tidak bundar, tapi persegi. ada yang segi empat, ada yang segi enam sarang tawon.Pernah lihat teknik melukis dengan cara membuat ribuan titik titik yang akhirnya membentuk suatu gambar? Semakin rapat titik titik, semakin halus dan presisi lukisan yang dihasilkan. Seperti itulah cara kamera digital memproses gambar sehingga menjadi foto yang kita lihat.
Jadi betul donk, harus beli kamera yang resolusi pixelnya tinggi kalau mau image yang tajam dan bagus?
Betul, kalau anda ingin melihat hasil foto anda tetap tajam walau dizoom sampai sebesar papan iklan raksasa di tepi jalan.
Pertanyaannya? monitor sebesar apa yang anda bisa pakai untuk hal itu? Berapa besar ukuran monitor anda sekarang? 17inch, 21inch, atau mungkin 32inch? rasanya saat menatap layar komputer, dalam jarak 50 cm, mata anda tidak akan bisa mengcover seluruh bidang monitor lebih dari 21 inch.
Mata kita merupakan lensa yang sempurna, namun teknik digital bisa ‘menipu’ mata kita. Ada batasan dimana mata kita tidak mampu membedakan 2 gambar yang dihasilkan dengan resolusi yang berbeda. Semakin kecil bidang gambar, semakin sulit membedakan kualitas dari 2 gambar digital yang berbeda resolusinya. Apalagi bila telah dicetak dalam ukuran yang umum (postcard atau A4).

Hal lain adalah pengaruhnya pada saat melakukan saving image. Image dengan resolusi lebih tinggi tentunya memerlukan waktu saving lebih lama. Tahukah anda bahwa pada saat kita melakukan continuos shoot (foto secara simultan dalam satu detik), kebanyakan system kamera akan secara otomatis mengurangi settingan resolusinya ke tingkat yang bisa mendukung kecepatan yang dijanjikan. Misalnya dijanjikan bahwa kamera anda yg mempunyai resolusi maksimal 12 mp mampu melakukan continous shoot 5fps (5 frame image per detik). Silahkan cek di manual booknya, apakah 5fps tsb mampu dilakukan dengan settingan resolusi tertinggi 12mp? Sebagai referensi, Nikon D3 yang merupakan salah satu top level kamera DSLR Nikon saat ini, tentunya dengan harga selangit, berkemampuan 12mp. Dan mampu melakukan continous shoot sampai 11 fps! Luar biasa! TAPI, dengan catatan, resolusi diturunkan menjadi 5mp.
Kalau kamera high end saja begitu, apalagi kamera mid level / low level yang dimiliki kebanyakan orang?
Ada sebagian kalangan yang memandang perlu resolusi tinggi untuk keperluan cropping image, yaitu mengambil image yang diperlukan saja dari sebuah foto, tanpa menurunkan kualitasnya. Well, bagi saya 6mp tetap bisa menjaga hasil cropping. Lagipula, bila ingin dapat detail untuk suatu objek, do the macro thing! Buat apa ada fungsi makro di kamera digital?
Personally, bagi saya yang bukan kalangan profesional, yang hanya melihat hasil foto di layar pc berukuran 17inch, kamera 6mp sudah sangat menyenangkan baik secara performa maupun kualitas hasil fotonya. Selisih 2 juta sampai 3 juta antara kamera beresolusi 6mp dengan 10mp rasanya lebih baik digunakan untuk membeli peralatan lain, seperti lensa dan flash.

Jadi, masih perlukah kamera 10mp kalau nantinya hanya mencetak foto ukuran postcard atau A4?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: