HD video in DSLR – Evolusi atau Revolusi ?

Once upon a time, bila kita berbicara tentang kamera DSLR, maka bahasan video recording bisa dibilang OOT alias Out Of Topic. Kala itu jargonnya adalah Video is not DSLR.

Kalangan pro dan enthusiast akan menyunggingkan senyum sinis bila seorang amateur menanyakan hal bodoh “Kenapa gak ada fungsi rekam video di DSLR? kan oke banget tuh kalo ada?”. Jawaban melecehkan bisa jadi sbb ” tole tole…piye sampeyan ini? kalo mo dapet foto bagus ya pake de es el er, lha kalo mo rekam pidiyo, ya beli handycam sana! sampeyan ini mo motret apa mo bikin film? motret ya motret, vidio ya vidio. ga bisa dua duanya donk! ngerti ora son?” Jawaban yg lebih teknis mungkin sbb ” hmm..nampaknya sulit untuk bisa membuat kamera yang sama sama unggul dalam hal hasil foto dan kualitas video. perlu teknologi yang rumit tentang bagaimana lensa bla bla bla.. sementara sensor bla bla bla…”

Pada intinya, DSLR bukan untuk merekam video.

Back to the future, eh ke masa kini, apa yang kita lihat? Benar sekali jawaban anda! telah ada DSLR ada yg bisa merekam video!!! kualitasnya ? VGA ? XVGA? No no no… Ha De alias HD alias High Definition. Seperti biasa, teknologi itu Ruarrrrrr biasa bukan? Diawali oleh Sony dgn A700, lalu diikuti oleh sesepuh DSLR, Nikon dengan D90 dan Canon dengan EOS 5D mII, sampai produk akhir saat artikel ini saya ketik, adalah Nikon D5000.

Artinya? artinya teknologi itu sudah ada “sejak dulu”. Hanya karena marketing policy dan taktik penjualan dari para produsen yang menilai nilai keuntungan dari pasar DSLR konvensional dan camdig pocket masih sangat ‘banyak’ dan sayang untuk tidak ‘dihabiskan’ terlebih dahulu. So, there is no rush for video in DLSR, alias belum waktunya.

Geliat “gambar bergerak” yg tadinya adalah tabu dalam paket DSLR mulai terasa ketika Olympus memperkenalkan DLSR dgn teknologi live view alias real time image pada layar kamera. Sebuah teknologi yang cukup usang bila melihat bahwa hal ini telah lama diterapkan pada camdig level pocket dan prosumer. (bersambung)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: